Tantangan Pendidikan Dan Pembelajaran Abad 21


06 Okt 2021/heni susilowati, s. e. m. m/Informasi/6846 View

Sebagai seorang pendidik (dosen) harus mempersiapkan lulusan yang mampu hidup mandiri dan berperan di lingkungan hidupnya. Setelah lulus mampu menghadapi tantangan dunia yang semakin menglobal. Dibutuhkan cara bepikir yang kritis, mandiri, memiliki disiplin. Untuk itu diperlukan komunikasi yang efektif agar mampu memecahkan masalah untuk mengatasi sikap egosentris. Kecakapan abad 21 yang dibutuhkan mahasiswa adalah:

1.Critical Thinking And Problem Solving Skill (Kecakapan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah)

Seorang mahasiswa harus mampu berpikir kritis, bersifat mandiri, berdisiplin diri dan memperbaiki proses berpikir sendiri.  Hal itu memerlukan komunikasi efektif dan pemecahan masalah untuk mengatasi sikap egosentris. Berpikir kritis berarti  mampu menuangkan pemikiran dan alasan sesuai situasi, mampu mengambil keputusan dan membuat solusi untuk menyelesaikan masalah.

2.Communication Skill ( Kecakapan Berkomunikasi)

Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi, gagasan, emosi dengan menggunakan symbol-simbol, kata-kata, gambar dan lainnya sehingga membantu membangkitkan respon penerima. Dalam berkomunikasi dibutuhkan bahasa yang mudah dipahami, menghargai pendapat orang lain dan menjelaskan dengan pikiran yang logis.

3.Creativity And Innovation Skills ( Kreatifitas Inovasi) 

Kreatifitas merupakan bagaimana berpikir yang produktif memiliki daya cipta pikir yangterbuka dan responsive. Berpikir secara kreatif berarti mampu menngemukakan ide-ide kreatif yang konseptual dan praktikal. Jika mengalami kegagalan bangkit lagi dan menjadikanya sebagai pembelajaran serta mampu beradaptasi dalam situasi baru dan memberikan kontribusi positif di lingkungan sekitar.

4.Collaboration Skills ( Kolaborasi)

Kolaborasi merupakan proses pembelajaran yang bekerjasama satu dengan yang lainnya membantu dan melengkapi dalam melakukan tugas-tugas, mampu bekerja sama secara kelompok dan beradaptasiKolaborasi dalam proses pembelajaran adalah suatu bentuk kerjasama dengan satu sama lain saling membantu dan melengkapi dalam melakukan tugas-tugas tertentu agar diperoleh suatu tujuan yang telah ditentukan. Memiliki kemampuan dalam kerjasama berkelompok  dan mampu beradaptasi dalam berbagai peran dan kelompok.

Jadi dapat disimpulkan pembelajaran abad 21 harus mampu memanfaatkan teknologi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk itu diperlukan kesiapan pendidik dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran.  (HNS)

Kategori Berita
berita(16)
Informasi(30)